TROPONIN T ATAU CK-MB?

Assalamualaikum sobat sejawat and all my brother and sister… Hehehe gaya dlu sob.. Oh iya ya gmna kabar kalian?? Semoga selalu dalamu lindungan Allah SWT.
Ni gua mau share pengalaman gua sob… Saat kita kuliah dulu ingat gak ma yang namanya CK-MB??

Yup… Byul sekali.. Ni adalah salah satu jenis pemeriksaan laboratorium bagi pasien yang menderita SKA (or we call with Sindrom Koroner Akut) hehehe keluar dah bahasa nyleneh nya.. Tapi bagi para sejawat yang bekerja di “rs” kayajnya wajib tau sih… Kalo sesuai ingatan gua.. Dlu pemeriksaan CK-MB ni yang sering di lakukan bror di rsud (tapi jaman gua masih jadi mahasiswa) dan saat ini sudah berubah sesuai dengan perkembangan jaman dan umur gua! Yang dulu masih pakek CK-MB go to Troponin T.  Kenapa demikian??? Ternyata, pemeriksaan laboratorium yang digunakan untuk menilai adanya nikrosis pada miokardium, seperti CK-MB, Troponin T, dan I serta Mioglobin yang biasa dipakai untuk menegakkan diagnosis; stratifikasi resiko, dan menentukan prognoais pada px (pasien) dengan SKA, ternyata Troponin T inilah yang ternyata lebih yang paling baik untuk dilakukan. Karena Troponin yang meningkat dapat dihubungkan dengan peningkatan resiko krmatian..

Karna biasanya pada pasien dengan STEMI, untuk pelaksanaan reperfusi jaringan miokard tu tidak boleh ditunda hanya untuk menunggu enzim jantung bro…

Yang lebih jelasnya bgini bror.. Untuk mioglobulin adalah merupakan suato protein yang dilepaskan dari sel miokardium yang mengalami kerusakan. Dan ini dapat mningkat setelah jam-jam awal setelah terjadinya infark dan mencapai puncak pada jam ke 1 s/d ke 4 dan akan tetal tinggi sampai 24 jam bror..

Dan jika CK-MB, merupakan isoenzim dari creatinin kinase yang merupakan konsentrasi terbesar dari miokardulium. Dan dalam jimlah kecil CK-MB juga dapat di jumpai dalam otot rangka, usus kecil atau juga  pada diafragma. CK-MB ini akan mulai meningkat 3 jam setelah infark itu terjadi dan akan mencapai puncak 12-14 jam. Tapi sobat sehat semua dan para sejawat juga perlu tau.. CK-MB juga akan akan mulai menghilang dalam darah jika dalam waktu 48-72 jam setelah infark terjadi.

Kalo yang Troponin akan mengatur interaksi kerja aktin dan miosin yang ada pada otot jantung dan lebih spesifik dari CK-MB bror.. Kalo setau gua sih, troponin ni da dua macam bror.. T dan I. Enzim ini akan mulai meningkat pada jam 3-12 setelah miocardium mengalami iskemik sob. Troponin ini akan mengalami puncaknya pada 12-24 jam dan akan masih tinggi samapai hari ke8-12 (Troponin T) dan 7-14 jam (pada Troponin I). Peningkatan enzim ini dapat di hubungkan dan sebagai bukti adanya ptognosis yang buruk sob… So.. Para sejawat tinggal pilih.. Apa sobat sejawat mau capek2 RJPO??? Hehhehehe just kid. Ok sobat ni pengalan saya knapa di tempat kerja saya yang baru CK-MB dah jarang dijadikan penunjang.. Semoga bermanfaat ya bror… see you…

One thought on “TROPONIN T ATAU CK-MB?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s